MANFAAT YOGHURT BAGI KESEHATAN

RASA ASAM YOGHURT MEMBERI MANFAAT BAGI KESEHATAN

Yoghurt terbuat dari olahan susu yang diproses melalui fermentasi yang ditambahkan dengan bakteri yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan pencernaan seperti asam laktat. Karena terbuat dari susu, maka yoghurt mengandung banyak vitamin-vitamin, mineral, kalsium, dan zinc dan juga ditambahkan dengan bakteri yang baik dari hasil fermentasi tersebut, dan yoghurt dipercaya mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan apalagi sekarang sudah banyak rasa dari buah-buahan jadi dapat tambahan nutrisi lagi dari buah-buahannya. Mungkin ada beberapa orang tidak suka mengkonsumsi yoghurt karena tingkat keasamannya, tetapi perlu diingat bahwa yoghurt sangat baik untuk kesehatan, terutama bagi yang mengalami gangguan pencernaan dan yang menjalani program diet, yoghurt ini sangat cocok untuk dikonsumsi.

Yoghurt yang mengandung vitamin B12 dapat mempertahankan sel-sel darah merah dan juga membantu menjaga sistem saraf agar berfungsi dengan baik. Tiap hari pasti kita mengkonsumsi garam, dan kebanyakan mengkonsumsi garam juga tidak baik karena dapat menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi dan juga ginjal. Dan kalium yang terkandung pada yoghurt dapat membantu membuang kelebihan sodium dari tubuh sehingga dapat mencegah darah tinggi. Mengkonsumsi yoghurt juga dapat mencegah dan mengobati osteoporosis dan osteoporosis akan terjadi jika umur kita sudah beranjak tua dan tulang kita mulai rapuh. Oleh karena itu, mengkonsumsi yoghurt itu penting untuk memperkuat tulang kita karena yoghurt mengandung kalsium yang mana baik untuk tubuh terutama tulang. Yoghurt sangat bagus untuk yang mengalami masalah sembelit karena yoghurt dapat memperlancar pencernaan kita dan juga dapat menurunkan berat badan karena terdapat kandungan kalium yang mana dapat merangsang penggunaan lemak yang tersimpan di dalam tubuh.

Selain itu, yoghurt juga dapat menambah sistem kekebalan tubuh karena kandungan prebioticnya dapat merangsang pembentukan sel darah putih, jika imun tubuh bertambah maka tubuh akan kebal dari segala macam penyakit. Kandungan probiotik pada yoghurt juga dapat mengubah kimia otak dan mengurangi kecemasan sehingga mampu menghilangkan atau mengobati depresi. Selain itu, probiotik dalam yoghurt juga dapat membersihkan darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat dan juga dapat mencegah tumor dan berbagai macam jenis kanker karena probiotik dipercaya menurunkan bakteri yang beracun dan bermanfaat menangkal berbagai penyakit yang menyerang tubuh. Yoghurt baik untuk dikonsumsi oleh segala kalangan umur, termasuk anak-anak, bukan berarti dengan rasanya yang asam terus anak kita tidak boleh meminumnya karena takut diare atau sakit perut. Justru yoghurt ini dapat mencegah dan mengobati diare pada anak yang minum antibiotik, akan tetapi memang untuk anak yang mengalami gangguan kekebalan tubuh sebaiknya tidak minum yoghurt karena ditakutkan akan menimbulkan infeksi.

Selain itu, manfaat yoghurt yang lain adalah sebagai sumber bakteri probiotik yang baik untuk usus, dapat membantu pertumbuhan tinggi badan anak-anak dan remaja, mengoptimalkan metabolism tubuh, baik untuk kesehatan jantung, ginjal, liver, paru-paru, lambung dan usus. Membantu dalam penyerapan nutrisi ke otak, menjaga daya ingat sel-sel otak. Baik juga dikonsumsi untuk penderita patah tulang. Yoghurt juga bermanfaat untuk meningkatkan elastisitas pembuluh darah dan mampu meredakan vertigo. Baik untuk dikonsumsi penderita asma, anemia, penderita autis, perokok aktif maupun pasif. Selain itu, yoghurt juga baik dikonsumsi oleh para wanita karena yoghurt dapat mencegah dan mengobati keputihan, menyehatkan dan menstabilkan pH vagina, melancarkan haid yang datang tidak teratur dan meredakan rasa sakit saat haid.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, dengan mengkonsumsi yoghurt daya tahan tubuh kita akan meningkat, mempercepat pemulihan saat lelah setelah beraktivitas, dan akan membuat tubuh menjadi segar. Memang rasa yoghurt begitu asam, tetapi itu tidak membahayakan tubuh jika kita mengkonsumsi dengan dosis yang wajar. Minum 1 botol yoghurt sehari juga cukup, jangan terlalu banyak dan bisa diminum rutin setiap hari untuk memperlancar pencernaan atau kalau anda tidak kuat dengan asam nya anda bisa minum ½ nya atau minum sedikit demi sedikit. Mungkin kalau bikin yoghurt sendiri agak repot, anda bisa membelinya di supermarket atau swalayan. 

Related Posts:

0 Response to "MANFAAT YOGHURT BAGI KESEHATAN"

Posting Komentar