MANFAAT BUAH ALPUKAT UNTUK IBU HAMIL DAN JUGA JANINNYA

MANFAAT BUAH ALPUKAT UNTUK IBU HAMIL DAN JUGA JANINNYA

Buah alpukat biasanya dibikin jus dan campuran pada sop buah dan es campur. Buah alpukat merupakan buah yang memiliki kandungan lemak yang tinggi yang bisa membuat orang jadi gemuk, tetapi lemak pada buah alpukat merupakan lemak tak jenuh tunggal yang mana lemak ini merupakan lemak yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menunjang kesehatan. Selain itu, buah alpukat ini bagus dikonsumsi oleh ibu hamil karena kandungan-kandungan yang terdapat pada buah alpukat sangat bermanfaat untuk sang ibu dan janin yang ada dalam kandungan. Lemak tak jenuh tunggal atau lemak baik ini dapat membantu menurunkan kolesterol dan dapat mengembangkan otak bayi, mata, sistem saraf dan juga jaringan lemak.

Bayi memerlukan asam folat yang cukup tinggi karena apabila kekurangan asam folat dapat menyebabkan deformitas tulang pada bayi sebelum lahir. Deformitas adalah susunan gigi yang tidak teratur akibat gangguan rahang yang pada saat sedang berkembang langit-langit berbentuk melengkung sehingga gigi susu mengalami keterlambatan. Nah, buah alpukat ini dapat mencegah terjadinya deformitas pada bayi yang akan lahir. Asam folat pada buah alpukat juga dapat mencegah saraf pada janin dan juga mencegah komplikasi yang dialami sang ibu akibat kelelahan seperti anemia, insomnia, dan tekanan darah tinggi pada ibu hamil. Asupan kalsium pada ibu hamil dan janin juga harus terpenuhi karena kalsium berfungsi sebagai zat pembangun dan juga penting untuk pembentukan tulang pada bayi.

Ibu hamil sering mengalami anemia, oleh karena itu ibu hamil memerlukan vitamin C untuk mempercepat penyerapan zat besi pada tubuh, namun jika mengkonsumsi vitamin C kimiawi yang berlebihan bisa menyebabkan keguguran, oleh karena itu untuk ibu hamil disarankan mengkonsumsi buah alpukat karena di dalam buah alpukat juga terdapat vitamin C nya. Buah alpukat juga mengandung vitamin E yang mana dapat memberikan lingkungan yang begitu nyaman untuk bayi, berfungsi dalam pembentukan sel darah merah dan pembekuan darah, dan vitamin E juga bermanfaat untuk ibu hamil sebagai anti penuaan. Terdapat pula vitamin K pada buah alpukat yang mana vitamin K ini berperan penting dalam pembentukan tulang janin. Selain vitamin C, E dan K, buah alpukat juga kaya akan vitamin B1, B2, dan B6 yang mana vitamin B1 atau tiamin berguna untuk mengurangi rasa mual dan muntah di pagi hari. Vitamin B2 atau riboflavin dapat membantu dalam penguraian zat makanan untuk janin. Sedangkan vitamin B6 nya atau pridoksin dapat membantu daya tahan tubuh ibu yang sedang hamil dan juga dapat mengurangi morning sickness atau mual muntah di pagi hari.

Buah alpukat memiliki banyak serat dan ibu hamil yang sering sembelit perlu serat untuk mencerna makanan dengan baik dan buah alpukat ini dapat meningkatkan fungsi pencernaan dan meningkatkan pergerakan usus lebih baik. Alpukat juga mengandung karotenoid yang dapat mengurangi peradangan pada lambung dan lapisan mukosa pada usus halus. Buah alpukat juga dapat membantu ibu dalam penyerapan nutrisi, meningkatkan penyerapan karetonoid yang diperoleh dari vitamin A yang mana vitamin A ini berfungsi untuk mencegah janin terkena penyakit mata dan juga melindungi mata ibu hamil dari macula dan katarak. Alpukat juga dapat mengurangi resiko stroke pada ibu hamil karena asam folatnya yang tinggi. Selain itu, dengan mengkonsumsi alpukat dapat mengurangi resiko bayi lahir cacat.

Buah sekarang memang ada yang mengandung pestisida, namun buah alpukat yang memiliki kulit tebal ini terlindungi dari pestisida dan aman dikonsumsi oleh ibu hamil malah justru baik untuk dikonsumsi ibu hamil karena untuk kesehatan sang ibu dan calon bayi kelak. 

Related Posts:

0 Response to "MANFAAT BUAH ALPUKAT UNTUK IBU HAMIL DAN JUGA JANINNYA"

Posting Komentar