DIBALIK MANFAAT BUAH MELON YANG TERSEMBUNYI UNTUK IBU HAMIL

MANFAAT BUAH MELON YANG TERSEMBUNYI UNTUK IBU HAMIL

Ibu hamil memang memerlukan asupan gizi dan nutrisi yang cukup untuk kesehatan ibu dan janin. Oleh karena itu, ibu hamil selalu disarankan untuk memperbanyak makan sayur dan buah. Buah yang memiliki rasa bermacam-macam seperti manis dan asem dapat menyegarkan dan mengurangi efek dari mual yang biasa ibu hamil rasakan. Buah-buahan memang menyehatkan tetapi ada juga buah yang dilarang dikonsumsi oleh ibu hamil seperti buah durian. Tetapi kalau buah melon ini bagus dan aman jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Buah melon yang segar karena kandungan airnya yang cukup tinggi dan mempunyai rasa manis mengandung nutrisi dan vitamin yang sangat tinggi ini baik untuk ibu hamil dan juga janin. Beberapa manfaat dari buah melon untuk ibu hamil adalah dapat mengatasi mual, mencegah dehidrasi, mengatasi sembelit, menormalkan tekanan darah, dll.

Rasa mual dan ingin muntah saat hamil itu sudah wajar dan biasa dialami oleh semua ibu hamil, melon memiliki kandungan air yang cukup tinggi dan rasanya pun manis sehingga dapat mengatasi rasa mual dan muntah dan memberikan efek yang menyegarkan. Ibu hamil kadang merasa dehidrasi dan memerlukan air yang cukup banyak untuk mendukung pertumbuhan metabolisme pada tubuh, sedangkan melon memiliki banyak air yang menyegarkan, jadi dengan mengkonsumsi melon, ibu hamil dapat mencegah dehidrasi dan tidak kekurangan air karena air pada melon dapat dijadikan sebagai pengganti air mineral dan tidak membuat perut kembung atau terasa penuh dengan air. Beberapa ibu hamil merasakan sembelit atau susah BAB karena proses pencernaan yang tidak lancar. Serat alami pada buah melon dapat mengatasi masalah sembelit dan membantu tubuh dalam penyerapan nutrisi sehingga metabolism tubuh jadi lebih baik.

Buah melon dapat mencegah darah tinggi maupun darah rendah, menormalkan dan mengatur sistem tekanan darah karena terdapat kandungan kalium yang cukup tinggi. Selain itu juga dapat mencegah kerusakan sistem tekanan darah dan pembekuan darah. Selain kalium, buah melon juga mempunyai kandungan kalsium yang mana kalsium sangat dibutuhkan ibu hamil untuk proses pembentukan tulang dan gigi si janin. Ibu hamil membutuhkan kalsium untuk pembentukan struktur kerangka janin, dan mengurangi resiko akan kerapuhan tulang yang sering terjadi pada wanita setelah melahirkan. Ibu hamil juga memerlukan fosfor untuk mempersiapkan proses persalinan, dan buah melon juga memiliki kandungan fosfor. Fosfor juga berfungsi untuk menjaga sistem pembekuan dan memperbaiki fungsi jantung dan ginjal, oleh karena itu, melon sangat baik dikonsumsi ibu hamil. Melon juga dapat membantu produksi sel darah merah yang mana ibu hamil membutuhkan sel darah merah yang cukup tinggi untuk sirkulasi darah dan persiapan pertumbuhan janin, sel darah merah juga dapat menghindari ibu terkena anemia dan melindungi janin dari kekurangan oksigen.

Buah melon juga kaya akan vitamin, seperti misalnya vitamin C yang berperan untuk mengatasi tubuh lemah, gejala flu dan demam, membantu dalam sistem kekebalan tubuh pada sang ibu dan janin, dapat mencegah kerusakan sel pada ibu hamil dari serangan radikal bebas, dan juga dapat mempertahankan kekebalan tubuh ibu dan mendorong pembentukan sel darah putih. Vitamin A pada buah melon dapat mendukung sistem perkembangan tubuh janin, mendukung kesehatan mata untuk si calon bayi, mencegah kecacatan yang disebabkan karena perkembangan janin yang tidak sempurna, dan membantu dalam pembentukan jaringan pada organ jantung, ginjal, tulang, mata dan paru-paru. Sedangkan vitamin B kompleks nya dapat menunjang persiapan jaringan pada calon bayi, mendukung dalam pembentukan sel saraf pusat pada bayi, mencegah kecacatan yang berakibat fatal pada bayi, membantu tubuh sang ibu untuk mempersiapkan semua jaringan air susu yang kuat, dan dapat mengatasi masalah mual dan muntah. Kandungan folat pada buah melon dapat mencegah cacat pada tabung saraf dan mendukung proses produksi sel-sel yang sehat.

Itulah beberapa manfaat buahmelon untuk ibu hamil. Mengkonsumsi buah-buahan itu sangat baik dan malah justru dianjurkan memperbanyak konsumsi buah termasuk salah satunya adalah buah melon. Karena buah melon memiliki kandungan-kandungan yang dapat memenuhi asupan gizi janin dan juga baik untuk ibu hamil.

Related Posts:

0 Response to "DIBALIK MANFAAT BUAH MELON YANG TERSEMBUNYI UNTUK IBU HAMIL"

Posting Komentar