SEGUDANG MANFAAT TEMULAWAK UNTUK KESEHATAN

SEGUDANG MANFAAT TEMULAWAK UNTUK KESEHATAN

Selama ini temulawak sudah dikenal sebagai obat herbal yang bagus untuk kesehatan tubuh manusia. Temulawak merupakan salah satu tanaman temu-temuan atau rempah yang bentuknya hampir sama dengan kunyit. Bagian temulawak yang biasa dimanfaatkan untuk obat herbal adalah akarnya. Meskipun temulawak kalau diminum dan dirasakan tidak begitu enak tetapi khasiatnya begitu besar dan banyak sekali. Bagi yang suka minum jamu ya pasti suka minum temulawak ini, dan bagi yang tidak suka ya susah untuk meminumnya tetapi demi kesehatan jangan ingat akan rasanya tetapi ingat akan khasiatnya. Temulawak sudah dikenal memiliki segudang manfaat untuk kesehatan terutama untuk penyakit ginjal, jantung dan fungsi hati.

Temulawak mengandung katagoga yang mana kandungan ini baik untuk menjaga fungsi hati karena dapat membantu memproduksi cairan empedu dalam hati dan memicu pengosongan kantung empedu. Untuk menyembuhkan batu empedu dari temulawak adalah cuci 2 jari temulawak lalu dikupas dan diiris kemudian rebus dengan 0,5 L air dan beri sedikit gula aren biar ada rasa manisnya, setelah mendidih minum ramuan 2x sehari. Dan kandungan kurkumin pada temulawak dapat mengurangi rasa nyeri karena radang sendi dengan menghambat perpindahan sel leukosit ke daerah radang sendi. Kurkumin pada temulawak juga dipercaya mampu menghambat perkembangan kanker seperti kanker prostat, kanker payudara, kanker usus dan kanker yang lain dengan cara menghentikan darah yang mendukung tumbuh kembangnya kanker. Manfaat temulawak yang lain adalah dapat melancarkan sistem pencernaan dan juga dapat mengobati penyakit maagh.

Mengkonsumsi air rebusan temulawak secara rutin juga dapat menyehatkan dan mengobati penyakit jantung. Temulawak menghasilkan fraksi kurkuminoid yang mana bermanfaat untuk menurunkan trigliserida, lemak dalam darah dan kadar kolesterol total dan meningkatkan kadar kolesterol yang baik atau HDL yang secara tidak langsung juga berdampak baik untuk kesehatan jantung jika mau mengkonsumsi air rebusan temulawak secara rutin. Cara membuat air rebusan temulawak untuk menurunkan kolesterol yaitu keringkan 1 akar temulawak kemudian ditumbuk sampai halus lalu direbus atau diseduh setelah itu disaring dan diminum. Manfaat yang lain dari temulawak adalah dapat mengatasi gangguan ginjal. Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting bagi manusia, hilang 1 ginjal saja dapat mengganggu aktivitas manusia. Cara membuat ramuan temulawak untuk penyakit ginjal yaitu dengan menyiapkan 1 akar temulawak yang sudah dicuci, 1 genggan daun kumis kucing dan 1 genggam daun meniran kemudian rebus semua bahan dengan 4 gelas air, setelah mendidih bisa diminum dan dikonsumsi 3x sehari.

Manfaat temulawak yang lain adalah dapat menyembuhkan sakit gula hepatitis dengan cara megupas dan mencuci 2 jari temulawak kemudian diiris kecil-kecil lalu rebus dengan ½ L air dan tambahkan gula aren, setelah mendidih lalu diminum air rebusan tersebut 2 x sehari dan air rebusan ini bisa diminum 2 porsi untuk sekali masak. Selain itu, temulawak juga dapat menangkal radikal bebas, mengobati bisul, asma, mengobati rasa nyeri saat haid dan melancarkan haid, eksim,menyembuhkan batuk, sakit pinggang dan juga dapat meningkatkan nafsu makan dengan cara yang sama yaitu minum air rebusan temulawak, paling hanya tambahkan gula aren pada ramuan tersebut, dan tidak perlu dicampur dengan bahan alami lainnya.

Temulawak sangat baik untuk kesehatan jika dikonsumsi secara rutin tetapi dengan dosis yang secukupnya karena temulawak memiliki efek samping seperti iritasi lambung dan mual jika dikonsumsi secara berlebihan. Temulawak juga tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Begitu lah informasi tentang manfaat temulawak untuk kesehatan, semoga informasi ini bermanfaat untuk anda semua. 

Related Posts:

0 Response to "SEGUDANG MANFAAT TEMULAWAK UNTUK KESEHATAN"

Posting Komentar