DIBALIK RASANYA YANG ASAM DARI BELIMBING WULUH BERMANFAAT UNTUK KESEHATAN

DIBALIK RASANYA YANG ASAM DARI BELIMBING WULUH BERMANFAAT UNTUK KESEHATAN

Bagi ibu-ibu yang suka memasak pasti sudah tahu apa itu belimbing wuluh dan bagaimana bentuknya. Belimbing wuluh merupakan salah satu jenis belimbing namun berbeda dengan buah belimbing. Kalau buah belimbing itu ukurannya besar sedangkan belimbing wuluh ukurannya kecil hanya sekitar ibu jari orang dewasa. Kalau buah belimbing mempunyai rasa manis, asam, dan sepet namun kalau belimbing wuluh sudah dikenal dengan rasanya yang asam. Maka dari itu, belimbing wuluh sering digunakan untuk memasak makanan yang berkuah dan yang asam seperti sayur asam. Akan tetapi dengan rasanya yang asam tersebut membuat makanan menjadi segar. Selain berguna untuk menambah kesegaran masakan, belimbing wuluh juga bermanfaat untuk kesehatan seperti dapat mengobati batuk, mengobati sesak nafas atau asam, mengobati sakit gigi, mengatasi sariawan, mengatasi panu, mencegah hipertensi dan mengatasi diabetes dan juga kanker.

Belimbing wuluh dari dulu dipercaya dapat mengobati batuk baik batuk pada orang dewasa maupun pada anak. Untuk mengobati batuk caranya rebus bunga, daun dan buah belimbing wuluh masing-masing 1 genggam dan rebus dengan 4 gelas air dan tambahkan gula batu. Setelah mendidih dan tersisa 2 gelas, saring dan minum ramuan ini 2x sehari. Kalau ramuan untuk obat batuk anak yaitu dengan mengkombinasikan 1 genggam daun belimbing wuluh, butir adas dan gula secukupnya dan 1 gelas air kemudian tim semua bahan selama 1 jam lalu saring airnya dan minum 2x sehari. Belimbing wuluh juga dapat mengobati sariawan bisa hanya langsung mengoleskan belimbing wuluh pada sariawannya dan bisa juga dengan cara menumbuh 3 buah belimbing wuluh, 3 butir bawang merah, 1 buah pala muda, ¾ sdt adas dan ¾ jari pulosari setelah halus beri 3sdm minyak kelapa lalu saring airnya dan oleskan pada sariawannya.

Belimbing wuluh memiliki kandungan nutrisi yang dapat mengontrol insulin dalam darah dan mencegah meningkatnya kadar gula dalam darah yang dapat menyebabkan terjadinya diabetes. Untuk mengobati diabetes dengan belimbing wuluh caranya yaitu dengan menghaluskan 6 buah belimbing wuluh lalu rebus dengan 1 gelas air sampai mendidih dan tersisa setengahnya kemudian saring dan minum air rebusan tersebut 2x sehari. Belimbing wuluh memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan sehingga dapat mencegah terjadinya pertumbuhan sel kanker pada tubuh. Selain itu, belimbing wuluh juga dapat mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi yang mana tekanan darah tinggi ini merupakan salah satu penyakit yang berbahaya karena dapat mengakibatkan penyakit-penyakit yang lain. Cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah dengan merebus 3 buah belimbing wuluh yang sudah dipotong-potong dengan 3 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas, setelah itu saring dan minum air rebusan ini setelah sarapan sampai tekanan darahnya berkurang.

Selain itu, belimbing wuluh juga dapat mengobati rematik caranya dengan mencampur bahan alami lainnya seperti 100gr belimbing wuluh yang muda, 10 butir cengkeh dan 15 butir merica kemudian haluskan dan tambahkan sedikit cuka lalu aduk sampai merata kemudian oleskan pada bagian tubuh yang sakit karena rematik. Atau bisa juga dengan mencampurkan 5 buah belimbing wuluh, 8 lembar daun kantil, 15 biji cengkel. 15 butir lada hitam lalu dihaluskan dan beri 2 sdm air perasan jeruk nipis dan 1 sdm minyak kayu putih lalu oleskan pada bagian yang sakit. Ramuan diatas juga dapat mengobati pegel linu. Selain itu, belimbing wuluh juga dapat mengobati sakit gigi yaitu dengan cara menumbuh 5 buah belimbing wuluh lalu campur sedikit garam dan kunyah hingga rasa sakit hilang.

Demikianlah beberapa contoh penyakit yang dapat diatasi dari manfaat belimbing wuluh yang asam. Untuk yang memiliki penyakit maag jangan terlalu banyak mengkonsumsi belimbing wuluh jika perut anda tidak kuat, karena belimbing wuluh memang memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi. Konsumsi lah belimbing wuluh secukupnya dan tidak terlalu berlebihan. 

Related Posts:

0 Response to "DIBALIK RASANYA YANG ASAM DARI BELIMBING WULUH BERMANFAAT UNTUK KESEHATAN"

Posting Komentar