MANFAAT KOLANG KALING DAPAT MENGATASI PENYAKIT ASAM URAT

MANFAAT KOLANG KALING DAPAT MENGATASI PENYAKIT ASAM URAT

Pasti sudah banyak yang tahu kolang kaling karena kolang kaling biasa dijumpai di es campur, es buah, es teler, dan juga manisan. Warna nya bermacam-macam ada yang putih, merah dan hijau dan rasanya yang kenyal dan manis membuat orang ingin menyantapnya apalagi anak keci. Dibalik rasanya yang manis, kenyal dan bentuk yang unik dan menarik, kolang kaling mempunyai sejuta manfaat untuk kesehatan. Tetapi untuk mengobati penyakit memang sebaiknya makan kolang kaling yang asli tidak ada campuran bahan pewarna atu pemanis yang lain. Salah satu penyakit yang dapat diatasi dengan mengkonsumsi kolang kaling misalnya seperti masalah persendian termasuk asam urat.

Penyebab terjadinya asam urat pada tubuh karena mengkonsumsi zat purin secara berlebihan dan kadar asam urat dalam darah pun meningkat. Kadar asam urat meningkat secara signifikan apabila ginjal tidak sanggup lagi mengeluarkannya melalu air kemih. Faktor pemicu terjadinya penyakit asam urat adalah sering minum alcohol, kurang minum air putih, memiliki gangguan ginjal dan hipertensi atau darah tinggi, sering mengkonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi seperti makanan laut, makanan kaleng, makanan yang berlemak, jeroan, kacang-kacangan, memiliki berat badan yang berlebih atau obesitas, dan juga memiliki riwayat keluarga yang memiliki penyakit asam urat atau faktor keturunan.

Tanda-tanda untuk mengetahui seseorang terkena penyakit asam urat adalah seperti meningkatnya asam urat dalam darah, terdapat Kristal asam urat pada cairan sendi, terjadinya serangan di sendi terutama pada ibu jari kaki, sendi tampak berwarna kemerahan dan bengkak terutama bengkak pada kaki, dan rasa nyeri pada persendian. Asam urat juga salah satu penyakit yang semestinya segera diobati. Untuk tidak sering kambuh, penderita asam urat harus bisa mengontrol makanan, dan makanan yang harus dihindari oleh penderita asam urat adalah jeroan, ginjal, hati, limpa, babat, usus, paru, otak, udang, kerang, cumi, kepiting, kornet, sarden, telor, kuah daging yang kental, tempe, oncom, kacang tanah, kacang hijau, taoge, melinjo, emping, bayam, kangkung, singkong, kembang kol, buncis, durian, alpokat, nanas, air kelapa, tape, susu kedelai, dan minuman beralkohol.

Seseorang yang memiliki badan gemuk juga bisa terkena asam urat karena asam urat akan naik tetapi pengeluarannya sedikit. Oleh karena itu, orang gemuk sebaiknya sering melakukan olahraga, menurunkan berat badan dan melakukan diet rendah purin. Kurang minum air putih juga salah satu faktor pemicu terjadinya asam urat, maka untuk penderita asam urat perbanyaklah minum air putih karena banyak minum air putih dapat membantu membuang purin dalam tubuh. Penderita asam urat ada yang suka mengkonsumsi obat kimia atau obat dari dokter untuk meredakan rasa sakit nyeri pada sendinya da nada juga yang melakukan obat herbal. Salah satu obat herbal yang dapat mengatasi asam urat adalah kolang kaling. Dengan mengkonsumsi sekitar 200gr kolang kaling untuk pengganti makan pagi dan makan malam maka secara tidak langsung anda melakukan program diet rendah purin yang mana sudah kita ketahui kalau purin merupakan penyebab terjadinya penumpukan asam urat yang mana dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan pada persendian.

Kenapa kolang kaling dipercaya dapat mengatasi asam urat? Karena kolang kaling memiliki kandungan yang sangat banyak dan bagus untuk kesehatan, termasuk sangat bagus juga untuk pertumbuhan tulang dan menjaga tulang agar tetap kuat karena terdapat kandungan kalsium, mineral, karbohidrat dan masih banyak lagi yang lain. Oleh karena itu, untuk penderita radang sendi atau asam urat atau penyakit yang berkaitan dengan tulang dan sendi sebaiknya mengkonsumsi buah kolang kaling rutin setiap hari. 

Related Posts:

0 Response to "MANFAAT KOLANG KALING DAPAT MENGATASI PENYAKIT ASAM URAT"

Posting Komentar