MANFAAT AKAR ALANG-ALANG LUAR BIASA

MANFAAT AKAR ALANG-ALANG LUAR BIASA

Mungkin belum banyak yang tahu tanaman alang-alang. Tanaman alang-alang yang juga sering disebut dengan ilalang ini merupakan salah satu jenis rumput yang tumbuh liar dan banyak juga yang tumbuh di area padi, oleh sebab itu, alang-alang dianggap menjadi gulma dan sering disingkirkan oleh petani karena gulma tumbuh lebih subur dibanding tanamannya para petani dan mengganggu tanaman petani. Tetapi dibalik kejengkelan petani tentang alang-alang yang dianggap dapat merusak tanamannya, alang-alang ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dan bahkan dijadikan obat tradisional, biasanya yang dimanfaatkan dari tanaman alang-alang ini adalah batang, bunga dan akarnya. Akar alang-alang memberikan rasa manis, ada pedas sedikit seperti wedang jahe tetapi segar, maka dari itu akar alang-alang dapat digunakan untuk meredakan panas dalam. Tidak hanya untuk mengobati panas dalam, tetapi akar alang-alang juga bermanfaat untuk mengatasi masalah penyakit yang lain.

Akar alang-alang digunakan untuk meredakan panas dalam dengan cara pertama mencuci umbi akar alang-alang terlebih dahulu kemudian dikeringkan dengan cara di oven atau dijemur dibawah terik panasnya matahari, setelah sudah kering tumbuk umbi akar alang-alang sampai halus dan menjadi bubuk kemudian seduh bubuk alang-alang dengan air panas dengan diberi madu atau gula sedikit. Biasanya orang yang sering mimisan atau keluarnya darah dari hidung untuk menghentikan darahnya menggunakan daun sirih, tetapi dengan akar alang-alang pun bisa mengobati mimisan caranya tumbuk akar alang-alang segar yang sudah dicuci bersih lalu peras untuk mendapatkan sarinya sebanyak 100 cc setelah itu minum sari akar alang-alang tersebut. Alang-alang juga dapat dijadikan obat diare dengan cara merebus 250gr akar alang-alang yang sudah dicuci dengan 2 gelas air kemudian minum air rebusan itu 1 gelas sekali minum.

Akar alang-alang juga ampuhdalam mengatasi penyakit ginjal, caranya rebus 120gr akar alang-alang dengan 3 gelas air sampai mendidih dan air tinggal sisa 1 gelas kemudian minum air rebusan tersebut 2x sehari. Hipertensi atau tekanan darah tinggi juga dapat diobati dengan akar alang-alang dengan cara rebus 2 gelas air dengan campuran 200 akar alang-alang dengan tangkue atau manisan dari labu putih, diamkan sampai mendidih sampai tersisa ½ gelas air kemudian saring dan minum 2x sehari. Selain itu, akar alang-alang juga dapat menyembuhkan kencing batu, caranya yaitu rebus 5 gelas air dengan 100gr akar alang-alang, ½ genggam meniran dan daun kumis, setelah mendidih saring dan minum sampai batu keluar 3x sehari 1 gelas. Akar alang-alang juga sebagai obat radang paru-paru dengan cara merebus 500gr akar alang-alang, 5 helai daun sembung dan 10 kuntum bunga melati yang kering dengan 3 gelas air beri garam sedikit, setelah mendidih minum air rebusan tersebut 2x sehari. Prostat adalah salah satu penyakit kanker yang harus diobati, dengan meminum air rebusan akar alang-alang 3x sehari dapat mengobati penyakit prostat.

Penyakit-penyakit lain yang dapat diobati dengan akar alang-alang adalah kencing darah, muntah darah, batu ginjal, infeksi ginjal, batu empedu, sakit campak, radang hati, gangguan pencernaan, pendarahan pada wanita, batuk berdahak, jantung koroner dan juga dapat mengatasi masalah keputihan. Sakit asma juga dapat diobat dengan akar alang-alang dengan cara merebus akar alang-alang dikombinasikan dengan kencur dan daun sirih kemudian minum air rebusan tersebut dengan madu dan air perasan tersebut sebelum tidur. Bagi yang mengalami gangguan buang air kecil juga bisa diobati dengan akar alang-alang karena air rebusan akar alang-alang dengan gula batu dan diminum 3x sehari sebanyak 1 gelas dapat melancarkan air seni.

Itulah beberapa penyakit yang dapat diobati dengan menggunakan akar alang-alang. Akar alang-alang bisa didapatkan di supermarket dalam bentuk bubuk, ada juga yang menjual minuman alang-alang tetapi mungkin masih jarang, tetapi setelah anda mengetahui cara pembuatannya, anda juga bisa membuatnya sendiri karena tidak susah juga untuk membuatnya. Bagi anda yang belum pernah minum akar alang-alang ini bisa mencobanya dan pasti akan suka dan ketagihan untuk minumnya untuk kesehatan dan pengobatan penyakit. 

Related Posts:

0 Response to "MANFAAT AKAR ALANG-ALANG LUAR BIASA"

Posting Komentar