MANFAAT KUNYIT PUTIH UNTUK MENJAGA KESEHATAN TUBUH

MANFAAT KUNYIT PUTIH UNTUK MENJAGA KESEHATAN TUBUH

Mungkin ada beberapa orang yang belum mengetahui bentuk dan kegunaan dari kunyit putih, karena yang sering dijumpai untuk memasak dan jamu adalah kunyit kuning. Kunyit putih berbeda dengan kunyit kuning yang mana kunyit kuning ini biasa dimanfaatkan untuk memasak dan berwarna kuning, sedangkan kunyit putih ini jarang sekali dijadikan bumbu masak dan warnanya pun putih dengan bentuk rimpang bulat seperti kencur. Namun, walupun kunyit putih berbeda dengan kunyit kuning, kunyit putih pun tidak kalah berkhasiatnya dengan kunyit kuning. Kunyit putih juga memiliki khasiat tersendiri dan bermanfaat untuk kesehatan dan bisa dijadikan sebagai obat herbal karena mengkonsumsi kunyit putih juga dapat menyembuhkan penyakit seperti misalnya penyakit maag, mencegah kanker payudara, mengobati luka, menyembuhkan masuk angin, melancarkan pencernaan, dll.

Penyakit maag sering dirasakan oleh kebanyakan orang, penyakit maag terjadi karena pola makan yang tidak teratur dan makan makanan yang memicu asam lambung naik seperti makan terlalu pedas, dan terlalu asam, dan telat makan juga merupakan faktor terjadinya maag. Biasanya orang mengatasi maag dengan minum obat maag, namun sebenarnya ada obat herbal yang bisa diterapkan yaitu kunyit putih, caranya rebus kunyit putih yang sudah dikupas dan dipotong-potong kemudian direbus setelah mendidih tambahkan madu dan minum 2x sehari selagi masih hangat. kunyit putih juga dapat mengatasi gangguan pencernaan lain seperti diare dan masuk angin. Cara membuat ramuan untuk masuk angin adalah dengan memarut 200gr kunyit putih yang sudah dicuci bersih kemudian diparut dan diperas lalu air parutannya direbus kemudian minum air rebusan tersebut bisa dengan menambahkan madu. Kunyit putih juga dapat menambah nafsu makan, jadi untuk yang ingin menaikan berat badan atau untuk anak yang susah makan bisa diberikan kunyit putih tetapi dengan dosis yang seperlunya.

Kunyit putih memiliki zat anti radang atau zat bakteri yang mana zat tersebut dapat menyembuhkan luka dan infeksi sehingga terbebas dari bekas luka. Tidak hanya mampu menyembuhkan luka dan radang, kunyit putih juga dapat mengobati luka bakar dan penyakit eksim dengan mencampurkan ramuan kunyit putih dan madu. Kunyit putih dapat bermanfaat untuk obat luka dalam dan luar. Untuk obat luka luar cara membuatnya adalah dengan memarut kunyit putih kemudian dicampurkan dengan minyak kelapa atau asam kawak, setelah itu balurkan ke bagian luka yang sakit. Ramuan ini dapat digunakan pula untuk luka lebam, bisul, pegel linu, dan juga bengkak-bengkak. Gula darah yang berlebih dapat menyebabkan penyakit dabetes atau kencing manis dan biasanya penderita diabetes disebabkan oleh faktor keturunan, obesitas, sering mengkonsumsi makanan yang banyak glukosa dan kurang olahraga. Nah, kunyit putih ini dapat mencegah penyakit diabetes dan mampu menurunkan kadar gula dalam darah jika mengkonsumsi ramuan kunyit putih secara teratur.

Ada beberapa macam penyakit kanker dan semua penyakit kanker itu berbahaya dan ditakutin banyak orang karena bisa mengakibatkan kematian. Biasanya penderita penyakit kanker disuruh mengikuti kemoterapi dan tidak ada cara lain selain kemoterapi dan minum obat, tetapi kita manusia jangan sampai putus asa dan pasrah kita harus mencoba pengobatan lain seperti pengobatan herbal. Salah satu pengobatan herbal yang bisa dilakukan adalah dengan mengkonsumsi kunyit putih. Kunyit putih ini bisa mencegah kanker payudara dengan cara cuci bersih dan potong-potong kunyit putih dan keladi putih kemudian direbus dengan 4 gelas air, biarkan sampai mendidih dan tersisa setengahnya setelah itu saring dan kalau sudah agak dingin tambahkan madu dan minum ramuan tersebut secara teratur. Untuk menghambat pertumbuhan kanker dan menyembuhkan kanker hanya dengan minum air perasan dari sari parutan kunyit putih. Kunyit putih juga dapat mengobati penyakit kista dengan cara mencampurkan 10gr kunyit putih kering, temu putih, tapak liman kering, pegagalan kering dan 30gr cakar ayam segar kemudian rebus dengan 1L air sampai mendidih dan tersisa setengahnya setelah dingin minum ramuan kunyit putih ini 3x sehari.

Demikianlah beberapa penyakit yang dapat disembutkan, diobati dan dicegah oleh ramuan kunyit putih. Masih banyak lagi manfaat dari kunyit putih, jadi tidak rugi jika mengkonsumsi kunyit putih untuk menjaga kesehatan tubuh kita semua, karena kesehatan itu sangat penting. Apabila dengan mengkonsumsi obat secara rutin namun penyakit tidak kunjung sembuh, maka tidak ada salahnya melakukan pengobatan herbal salah satunya dengan memanfaatkan kunyit putih ini.

Related Posts:

0 Response to "MANFAAT KUNYIT PUTIH UNTUK MENJAGA KESEHATAN TUBUH"

Posting Komentar