MANFAAT KOLANG KALING BAGI KESEHATAN TULANG DAN LUTUT

MANFAAT KOLANG KALING BAGI KESEHATAN TULANG DAN LUTUT

Kolang kaling semestinya sudah tidak asing lagi bagi kita semua, karena biasa kita temui di es campur, es teler, kolak pisang juga kadang ada kolang kalingnya, dll. Kolang kaling memang sangat cocok sekali jika dicampur pada minuman seperti itu. Banyak sekali orang yang menyukai buah kolang kaling. Warna nya yang bermacam-macam ada putih, hijau, pink, membuat orang ingin memakannya, terutama anak-anak karena keunikannya dan rasanya yang manis apalagi kalau kolang kaling ditusuk dijadikan seperti sate. Tidak hanya anak-anak yang mencintai kolang kaling, tetapi orang dewasa pun suka mengkonsumsinya dan diolah, ada juga yang memanfaatkannya untuk dijadikan manisan. Tidak salah kalau banyak orang yang menyukai kolang kaling, karena kolang kaling ini memang bagus untuk dikonsumsi contohnya memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan tulang dan lutut.

Ketika masih bayi, masih kecil, tulang kita masih rapuh masih rawan sekali, disaat meranjak dewasa tulang kita sudah kuat, tetapi ketika tambah tua dan semakin berumur, tulang akan kropos dan semakin rapuh. Oleh karena itu, sebelum hal itu terjadi kita harus benar-benar menjaga kesehatan tulang kita. Selain berolahraga, minum susu untuk penguat tulang, atau supplemen, sebaiknya kita juga rajin mengkonsumsi buah kolang kaling. Susu dikenal sebagai sumber kalsium tetapi susu memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi yang akan menyebabkan berat badan akan bertambah. Jika badan terlalu gemuk maka sendi akan terasa sakit karena tulang merasa keberatan untuk menyanggah tubuh. Kolang kaling pun memiliki kandungan kalsium yang hampir sama dengan susu sapi yaitu jika untuk 100gr susu sapi yang murni mengandung 125mg kalsium, untuk kolang kaling 100gr mempunyai kandungan kalsium 91mg, selisih sedikit kan? Jadi mengkonsumsi kolang kaling itu bagus untuk pertumbuhan dan memperkuat tulang.

Kolang kaling memiliki kandungan kalsium 91mg untuk 100gr kolang kaling, dimana jika kita mengkonsumsi kolang kaling sebanyak itu setiap hari maka itu sangat bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan kalsium pada tubuh dan dengan demikian dapat mencegah terjadinya osteoporosis dan tulang kita menjadi lebih kuat. Tubuh kita memang perlu kalsium yang tinggi untuk kesehatan tulang dan buah kolang kaling dapat menjadikan alternative karena dengan mengkonsumsi kolang kaling dapat mencegah masalah yang tidak diinginkan seperti masalah kesehatan tulang, gigi ataupun persendian tubuh yang tidak dapat berfungsi. Dengan mengkonsumsi 100-200gr setiap hari maka kalsium pada tubuh yang kita butuhkan terpenuhi sehingga tulang kita tetap sehat dan kuat dan hal ini juga akan mencegah dan mengobati masalah radang persendian yang cenderung menyerang pada lutut.

Kolang kaling juga dapat mengobati radang sendi yang mana penyakit radang sendi ini sering menyerang bagian lutut dan lutut atau daerah persendian akan terasa sakit dan nyeri. Untuk mengatasi masalah persendian pada lutut, anda bisa mengkonsumsi kolang kaling karena kolang kaling mengandung zat galaktomanan yang cukup tinggi yang mana dapat meredakan rasa sakit saat radang sendi kambuh caranya dengan merebus kolang kaling tanpa pewarna dan gula sampai matang dan makan kolang kaling tersebut sebanyak 100gr sampai 200gr. Dengan mengkonsumsi kolang kaling 100-200gr setiap hari secara rutin maka radang sendi yang anda rasakan semakin hari akan semakin terobati dan anda tidak akan merasakan nyeri lagi pada persendian atau lutut anda.

Itulah pentingnya mengkonsumsi kolang kaling untuk kesehatan tulang dan persendian kita. Masalah persendian dan tulang tidak boleh diremehkan. Memang kalau semakin berumur tulang semakin rapuh tetapi kita juga bisa mencegahnya jangan sampai hal itu terjadi karena kita beraktivitas juga perlu tulang yang kuat dan sehat. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kita rajin mengkonsumsi buah ini agar mendapatkankan manfaat kolang kaling bagi kesehatan tulang dan lutut serta persendiaan kita. Anggap saja sebagai tabungan untuk hari tua nanti agar kita tetep kuat, bugar, dan sehat. Mengkonsumsi kolang kaling tidak ada efek sampingnya jadi baik untuk dikonsumsi kalangan umur untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Yuk mulailah sering-sering makan kolang kaling, baik itu dijadikan bahan es campur, es buah, cocktail, es bull, kolak pisang ataupun dimasak langsung, rasanya tetap enak dan segar untuk dinikmati. Selamat mencoba ya!

Related Posts:

0 Response to "MANFAAT KOLANG KALING BAGI KESEHATAN TULANG DAN LUTUT"

Posting Komentar