MANFAAT KURMA UNTUK IBU HAMIL MUDA DAN PERSALINAN

MANFAAT KURMA UNTUK IBU HAMIL MUDA DAN PERSALINAN

Buah kurma merupakan salah satu buah kesukaan Rasulullah SAW. Buah kurma dari arab ini rasanya manis tetapi tidak berbahaya untuk penderita diabetes. Buah kurma biasanya dikonsumsi pada bulan puasa untuk hidangan awal berbuka puasa dan juga pas sahur. Buah kurma ini dikenal sangat bagus untuk kesehatan, tetapi perlu anda ketahui bahwa buah kurma juga bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat memperlancar proses persalinan, membantu dalam proses mengecilkan perut dan juga baik untuk janin. Buah kurma memberikan para ibu tenaga dan asupan sel darah merah, sehingga janin yang ada di dalam kandungan juga akan tercukupi akan kalsium, sel darah merah dan zat besi untuk perkembangan tubuhnya. Banyak ibu hamil terutama hamil muda yang lemah, lesu karena kurang darah atau anemia, oleh karena itu ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi buah kurma untuk menambah tenaga juga.

Untuk ibu hamil memerlukan asupan gizi dan nutrisi yang sangat  baik, ibu hamil harus bisa memilih makanan yang akan dimakannya, tidak boleh sembarangan dalam mengkonsumsi makanan karena akan berpengaruh pada janin. Apalagi disaat usia kehamilan masih muda, masih rawan dan rentan, jika kandungan ibu hamil lemah dan ibu hamil tidak bisa menjaga kesehatannya maka bisa mengakibatkan keguguran. Kecapekan, makan makanan yang tidak ada gizinya atau kurang gizi bisa membuat janin tidak sehat, keguguran dan bahkan tidak berkembang dengan baik. Oleh karena itu ibu hamil harus makan makanan yang kaya akan serat, gizi, nutrisi, dan vitamin yang cukup. Selain memperbanyak konsumsi buah, sayuran, susu, dan vitamin, ibu hamil dapat mengkonsumsi madu dan juga kurma karena kurma sangat bagus untuk menambah energy ibu dan anak sehingga ibu tidak terkena anemia, dan masih banyak lagi manfaat kurma untuk ibu hamil.

Kandungan zat besi dan vitamin B kompleks pada kurma dapat membantu pembentukan sel darah merah sehingga dapat mencegah anemia. Kurma juga mengandung tannin yang beguna sebagai anti infeksi dan anti inflasi yang mana dapat membantu ibu hamil dalam menghadapi infeksi. Biasanya ibu hamil juga kadang mengalami sembelit, nah, dengan mengkonsumsi buah kurma ini dapat memperlancar buang air besar dan mencegah sembelit pada ibu hamil. Dengan mengkonsumsi kurma, ibu hamil muda tidak perlu khawatir dengan sistem pencernaan karena kurma kaya akan vitamin dan kandungan gula alami. Glukosa dan fruktosa yang terdapat pada kurma dapat menambah kekuatan ibu disaat menjalani proses persalinan. Dan kandungan hormon oksitosin di dalam buah kurma dapat merangsang kontraksi otot polos di dinding rahim selama melahirkan sehingga dapat membantu memperlancar proses persalinan dan memperlancar ASI.

Selain untuk menambah energy bagi ibu hamil, mengkonsumsi kurma juga baik untuk merangsang saraf sehingga bisa meningkatkan kecerdasan otak dan mempertajam daya ingat calon bayi sehingga bayi akan lebih cerdas dan lebih cepat tanggap setelah lahir dan besar nanti. Ketika masih bayi tulang tubuh bayi sangat rapuh, makanya dengan mengkonsumsi kurma dapat membantu menguatkan tulang bayi. Kandungan kalium pada kurma sangat bagus untuk pertumbuhan tulang dan gigi bayi yang masih ada di dalam kandungan. Ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi kurma sejak sedang hamil agar anak cepat tumbuh giginya. Kurma mengandung potuchin yang bermanfaat untuk mengecilkan pembuluh darah pada rahim sehingga rahim dapat mengecil sesuai persalinan dan juga dapat mencegah pendarahan rahim setelah melahirkan karena hormone potuchin mengikat rahim dan otot rahim, hormone potuchin juga dapat memacu kontraksi yang terjadi pada pembuluh darah sekitar payudara ibu yang mana dapat berfungsi untuk menghasilkan ASI, dengan kata lain mengkonsumsi kurma dapat memperlancar ASI.

Buah kurma ini sudah terkenal mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, dan untuk ibu hamil pun bagus mengkonsumsi kurma, baik masih hamil muda ataupun tua. Jadi untuk ibu hamil muda tidak perlu takut untuk mengkonsumsi kurma. Yang membahayakan jika anda tidak memenuhi asupan gizi yang baik untuk anda dan janin dan tidak menjaga kesehatan anda. 

Related Posts:

0 Response to "MANFAAT KURMA UNTUK IBU HAMIL MUDA DAN PERSALINAN"

Posting Komentar