MANFAAT KACANG HIJAU MEMILIKI PERAN PENTING UNTUK IBU HAMIL

MANFAAT KACANG HIJAU MEMILIKI PERAN PENTING UNTUK IBU HAMIL

Kacang hijau merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang biasanya diolah untuk dijadikan es, pudding, minuman, dan bahkan ada yang mengolahnya untuk dijadikan peyek dan banyak juga yang membuat sebagai bubur kacang hijau untuk dikonsumsi. Kacang hijau memiliki protein nabati yang tinggi dan sumber mineral yang penting untuk tubuh. Kandungan nutrisi yang terdapat pada kacang hijau baik untuk pertumbuhan balita. Selain baik dikonsumsi untuk balita, kacang hijau juga sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil karena bagus untuk ibu hamil dan juga janin yang ada dalam kandungan. Karena janin yang ada di dalam kandungan perlu nutrisi yang cukup agar bisa tumbuh sehat, oleh karena itu, kacang hijau sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Kacang hijau mengandung asam folat yang mana senyawa ini dapat membantu mengembangkan sistem saraf, meningkatkan kecerdasan pada calon bayi dan menjaga kerusakan atau cacat otak pada si calon bayi. Kacang hijau juga dapat mengurangi resiko terjadinya kelainan jantung pada si bayi, bibir sumbing dan cacat-cacat yang lain. Kadar lemak yang terdapat pada kacang hijau sangat rendah dan kandungan lemak tak jenuh tersebut sangat penting untuk kesehatan jantung. Kacang hijau juga mempunyai kandungan protein yang tinggi yang mana sangat diperlukan untuk menghindari resiko pada bayi lahir cacat. Mengkonsumsi kacang hijau dipercaya kelak dapat membuat bayi mempunyai rambut yang lebat karena sel rambut sangat memerlukan asupan gizi terutama dari protein. Kandungan karbohidrat komplek yang terdapat pada kacang hijau dapat memberikan kekuatan pada si ibu hamil supaya tidak mudah lelah dan bertanaga dan energy sang ibu akan stabil.

Kandungan fosfor dan kalsium pada kacang hijau dapat membantu pertumbuhan kepadatan tulang pada calon bayi dan juga menguatkan tulang ibu hamil. Selain itu juga berguna untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada bayi agar cepat tumbuh dan juga dapat menghindari osteoporosis atau pengeroposan pada tulang bagi ibu hamil. Selain kalsium ada juga jenis mineral lain yang terdapat pada kacang hijau yaitu zat besi yang berfungsi membentuk hemoglobin yang dapat membuat darah menjadi kental dan juga membantu ibu hamil saat proses persalinan agar terhindar dari pendarahan. Bagi ibu hamil yang tidak menyukai susu bisa menggantikan kacang hijau sebagai alternative lain untuk asupan gizi si ibu dan janin.

Kacang hijau juga memiliki vitamin B1 dan B2 yang dapat mengoptimalkan penyerapan protein dengan mudah dan mencegah kecacatan pada saraf janin dan juga pertumbuhan si janin. Vitamin B1 nya juga bermanfaat untuk pertumbuhan, meningkatkan nafsu makan ibu hamil, memaksimalkan sistem kerja saraf dan menjadi sumber energy untuk tubuh. Kacang hijau juga kaya akan serat yang mana kandungan serat dapat membantu melancarkan dan menjaga kesehatan pada pencernaan. Kandungan serat pada kacang hijau juga dapat bermanfaat untuk ibu hamil yang mengalami susah buang air besar. Selain itu, kacang hijau juga memiliki vitamin A yang berguna untuk bayi agar terhindar dari lahir premature dan juga bagus untuk kesehatan mata si bayi yang didapat dari ASI sang ibu. Dan vitamin C yang terdapat di dalamnya dapat bermanfaat sebagai antioksidan dan juga mampu meningkatkan kesuburan bagi ibu hamil.

Ibu hamil sangat membutuhkan serat, gizi, dan nutrisi yang cukup, tidak hanya untuk sang ibu saja tetapi juga untuk si janin yang ada dalam kandungan, jadi ibu hamil harus memikirkan asupan gizi untuk si calon bayi. Oleh karena itu, untuk ibu hamil disarankan untuk makan makanan yang bergizi, kaya serat dan nutrisi seperti salah satunya dengan mengkonsumsi kacang hijau.

Related Posts:

0 Response to "MANFAAT KACANG HIJAU MEMILIKI PERAN PENTING UNTUK IBU HAMIL"

Posting Komentar