TELUSURI PRO KONTRA DARI MANFAAT SUSU KEDELAI UNTUK IBU HAMIL

TELUSURI PRO KONTRA DARI MANFAAT SUSU KEDELAI UNTUK IBU HAMIL

Sebagian dari ibu hamil meragukan manfaat susu kedelai karena telah mendengar pro kontra mengenai pengaruh susu kedelai untuk ibu hamil dan janin, sehingga sebagian dari mereka tidak berani mengkonsumsinya, tetapi juga masih ada yang berani mengkonsumsinya. Semua memang tergantung dari kepercayaan dan keyakinan kita akan rumor itu, tetapi untu para ibu hamil bisa menanyakannya kepada dokter kandungan atau kepada teman atau saudara yang sudah pernah hamil dan mengkonsumsi susu kedelai untuk memastikan keamanannya dan apakah benar ada efek buruknya yang mana dapat membahayakan si janin atau bayi nantinya.

Ibu hamil memerlukan zat yang disebut dengan asam folat karena asam folat dapat membantu tumbuh kembangnya si janin yang ada dalam kandungan dan berkembangnya sel saraf dan kecerdasan yang lebih maksimal untuk si bayi nanti. Dan di dalam susu kedelai ini terkandung zat asam folat yang mana dibutuhkan oleh ibu hamil. Susu kedelai juga mempunyai vitamin-vitamin penting seperti vitamin A, B dan E yang mana vitamin-vitamin tersebut bermanfaat untuk menjaga kondisi kesehatan ibu dan kandungan selama masa kehamilan, menjaga fungsi mata, dan pertumbuhan tulang janin. Ibu hamil juga membutuhkan protein yang tinggi agar tubuh ibu selalu bugar selama kehamilannya, janin berkembang dengan baik dan organ janin pun dapat terkontrol lebih optimal, dan di dalam susu kedelai terdapat protein yang lengkap seperti treonon, lisin, glisin, dan arginin.

Ibu hamil biasanya akan merasa cepat capek, lelah seperti kehabisan enegi saat melakukan aktivitas, oleh sebab itu kandungan karbohidrat juga penting untuk ibu hamil. Nah, sebenarnya dengan mengkonsumsi susu kedelai dapat membantu ibu melancarkan sistem pencernaan dan memberikan energy tambahan untuk tetap bugar dan selalu sehat karena susu kedelai juga mengandung karbohidrat. Tidak hanya manusia biasa yang harus mengontrol kadar kolesterol, namun ibu hamil pun harus menjaga kadar kolesterol dalam darah sehingga dapat terhindar dari berbagai masalah semasa kehamilan. Susu kedelai mempunyai kandungan lemak nabati dimana lemak nabati ini dapat mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

Akan tetapi ada pendapat lain mengenai susu kedelai yang berfikir bahwa susu kedelai dapat menyebabkan keguguran. Mungkin anggapan tersebut ada karena terdapat phytoestrogen atau estrogen yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, padahal sebenarnya estrogen itu diproduksi oleh tubuh sendiri. Memang estrogen pada trimester pertama pada kehamilan itu akan membahayakan kehamilan karena apabila dikonsumsi pada saat usia kehamilan masih muda dapat memicu kontraksi pada rahim, dimana pada usia kehamilan muda sebenarnya janin masih belum menempel secara sempurna. Nah itu dia mungkin kenapa susu kedelai dianggap bisa mengakibatkan keguguran. Sebenarnya pada usia kehamilan muda, memang janin masih rentan apabila jika rahim ibu lemah, makanya ibu harus menjaga benar-benar kesehatannya. Sebenarnya bukan hanya karena susu kedelai saja, tetapi ibu yang kecapekan beraktivitas, minum air kelapa saat baru-baru hamil juga bisa pendarahan atau flek-flek dan makanan yang kurang gizi dan nutrisi, bahkan berhubungan suami istri pun bisa mengakibatkan pendarahan atau keguguran jika kandungan ibu lemah di usia kandungan yang masih sangat muda.

Apabila kita simpulkan sebenarnya susu kedelai itu bagus untuk ibu hamil karena terdapat kandungan-kandungan yang baik untuk sang ibu dan janin. Tidak salah jika ibu khawatir akan tejadi hal-hal yang buruk pada kandungannya atau si janin, makanya menghindari konsumsi susu kedelai. Bagi para ibu hamil, jangan terlalu takut untuk mengkonsumsi susu kedelai asal dengan porsi yang wajar dan tidak terlalu banyak atau berlebihan. Usia kehamilan 1 bln sampai 3 bln memang janin masih rentan, rawan dan masih lemah, jadi jika ibu ingin mengkonsumsi susu kedelai sebaiknya mengkonsumsi setelah usia kandungan mencapai 6 bulan keatas ketika janin sudah berbentuk dan juga sudah kuat.
                

Related Posts:

0 Response to "TELUSURI PRO KONTRA DARI MANFAAT SUSU KEDELAI UNTUK IBU HAMIL"

Posting Komentar