MANFAAT BUAH BELIMBING UNTUK PENDERITA PENYAKIT HIPERTENSI

MANFAAT BUAH BELIMBING UNTUK PENDERITA PENYAKIT HIPERTENSI

Buah belimbing yang berbentuk bintang dengan rasa asam dan manis ini ternyata mempunyai manfaat untuk menurunkan kolesterol. Bukan itu saja, buah belimbing juga dapat menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Buah belimbing dapat langsung dimakan dan bisa juga dibuat jus belimbing. Buah belimbing sangat bagus dan ampuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi jika dikonsumsi secara rutin dalam bentuk jus. Jus belimbing dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi karena terdapat kandungan vitamin, mineral, dan nutrisi di dalamnya. Kandungan serat larut dan antioksidan pada buah belimbing juga mampu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Penderita Hipertensi atau tekanan darah tinggi biasanya disebabkan oleh stress, berfikir terlalu berat, sering makan makanan yang mengandung lemak tinggi, kegemukan, sering minum minuman keras, kurang olahraga, dan penyebab yang lain bisa karena faktor keturunan. Gejala yang dirasakan oleh penderita darah tinggi adalah biasanya sering merasakan pusing, jantung selalu berdetak kencang atau berdebar-debar, susah tidur, sakit pinggang, wajah kemerahan, lebih mudah merasakan kelelahan, sering mengalami pendarahan dari hidung seperti mimisan, dan yang pasti mudah marah. Penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi termasuk salah satu penyakit yang cukup berbahaya karena efeknya dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Dan penderita stroke biasanya mengalami kelumpuhan, penyakit komplikasi, dan bahkan sering juga sampai meninggal dunia.

Pengobatan herbal alami dari buah belimbing untuk menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi sangat mudah, anda bisa langsung makan buah belimbingnya yang sudah matang atau manis sebanyak empat sampai enam buah belimbing setiap hari sampai tekanan darah turun. Atau bisa juga dengan memarut buah belimbing kemudian peras parutan buah belimbing tersebut sampai air perasan tersebut menghasilkan 1 gelas air belimbing. Setelah itu, minum air perasan belimbing tersebut setiap pagi setelah makan selama satu minggu atau sampai tekanan darah turun. Setelah tekanan darah turun, anda juga masih dapat mengkonsumsinya untuk perawatan atau mencegahnya dengan porsi yang lebih sedikit atau dikurangin penggunaannya misalnya minum air perasan buah belimbing setiap 2 hari sekali.

Terapi untuk menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah dengan membuat jus belimbing, caranya seperti membuat jus buah yang lain yaitu blender buah belimbing yang sudah dicuci bersih tambahkan air dan es batu. Bisa juga dengan mengkombinasikan dengan bahan lain yaitu siapkan 100gr buah belimbing lalu potong kecil dan dicuci, 3sdm air perasan jeruk nipis, ½ gelas air matang kemudian blender semua bahan dan minum segera jus belimbing tersebut, anda juga bisa menambahkan es batu agar jus lebih segar. Bisa juga membuat jus dengan mengkombinasikan buah belimbing dengan tangkai seledri, apel, air perasan jeruk lemon, beri gula sedikit dan es batu. Terapi yang lain untuk menurunkan tekanan darah tinggi yaitu dengan mencuci 5 buah belimbing lalu dipotong-potong kemudian direbus dengan 3 gelas air hingga sisa air tinggal 1 gelas, lalu angkat dan dinginkan. Setelah dingin saring air rebusan tersebut dan minum setelah sarapan atau perut terisi.

Darah tinggi termasuk penyakit yang cukup berbahaya dan harus segera diobati, terkadang orang capek dengan minum obat untuk menurunkan darah tinggi dan memang kurang bagus juga untuk kesehatan kalau terlalu banyak mengkonsumsi obat kimia. Oleh karena itu, tidak sedikit orang mencoba pengobatan herbal. Salah satunya pengobatan herbal atau terapi alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi ini adalah dengan mengkonsumsi buah belimbing baik langsung makan buahnya ataupun ada juga yang membuat jus belimbing, atau minum dari air perasan dari parutan, dan ramuan ini sudah terbukti akan khasiatnya. Memang penting untuk mengontrol tekanan darah anda supaya anda tahu berapa tekanan darah anda. Yang paling penting biasakan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan, tidak merokok, tidak minum minuman keras dan rajinlah berolahraga. Namun perlu diperhatikan bahwa meskipun buah belimbing bermanfaat untuk penderita hipertensi tetapi tidak baik dikonsumsi oleh penderita penyakit ginjal.

Related Posts:

0 Response to "MANFAAT BUAH BELIMBING UNTUK PENDERITA PENYAKIT HIPERTENSI"

Posting Komentar