MANFAAT BAWANG PUTIH UNTUK MENGATASI JERAWAT PADA WAJAH

MANFAAT BAWANG PUTIH UNTUK MENGATASI JERAWAT PADA WAJAH

Bawang Putih yang biasanya digunakan oleh kebanyakan orang sebagai bumbu pelezat masakan, sekarang perlu anda ketahui bahwa bawang putih memiliki manfaat sebagai obat untuk mengatasi masalah jerawat pada wajah. Jerawat sangat umum dialami oleh semua kalangan jenis baik pria maupun wanita, remaja maupun dewasa. Jerawat sangat mengganggu keindahan wajah kita dan biasa jerawat muncul karena terdapat bakteri pada wajah kita karena kotoran atau debu yang menempel pada wajah dan kita malas membersihkan, dan juga pada wajah yang berminyak. Tidak sedikit orang yang mengalami masalah jerawat pada wajah mencari-cari cara untuk mengatasi dan menghilangkannya, apapun dan bagaimanapun caranya akan dilakukan untuk menghasilkan wajah yang halus lagi. Biasanya orang memakai pembersih wajah penghilang jerawat, atau menggunakan krim atau salep dari dokter. Tetapi sekarang anda bisa mencoba mengatasi jerawat anda dengan bahan alami yaitu dengan memanfaatkan bawang putih.

Bawang putih memiliki kandungan antioksidan yang mana dapat membantu melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan tubuh atau kulit sel yang tidak mudah diperbaiki. Penggunaan bawang putih akan terhindar dari kerusakan ini dengan demikian dapat mencegah pembentukan jerawat dan masalah kulit lainnya seperti keriput, penuaan dini, jerawat, dll. Bawang putih juga memiliki zat antibakteri, anti jamur, anti virus dan anti septik yang dapat membantu mencegah pori-pori tersumbat dan mengurangi jerawat. Bawang putih juga memiliki senyawa sulfur yang disebut thiacremonon, dimana belerang pada umumnya digunakan sebagai agen pengering kulit untuk mencegah kulit berminyak yang berlebihan yang dapat menyebabkan jerawat, dengan sifat agen pengeringan ini jerawat pada wajah akan kering dan juga bekas jerawat pada kulit akan hilang.

Selain itu, bawang putih juga memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi rasa sakit, iritasi dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh jerawat. Sifat anti inflamasi pada bawang putih ini mampu menenangkan kulit yang teriritasi tetapi juga dengan penggunaan yang benar, jangan menggunakan bawang putih pada wajah dalam waktu yang lama karena akan menyebabkan sensasi terbakar pada kulit. Bawang putih memiliki kandungan-kandungan atau zat yang sangat baik dari seperti vitamin C dan B6, mineral, selenium, tembaga, allicin, seng dan phyto-nutrisi lain yang membantu mencegah jerawat. Menggunakan bawang putih secara teratur atau makan bawang putih mentah akan membersihkan jerawat dan juga mencegah formasi jerawat baru pada kulit. Mengkonsumsi bawang putih dengan mencincang atau potong dadu bawang putih dapat mengaktifkan allicin di dalamnya yang mampu membersihkan jerawat dan masalah kulit lainnya.

Ada berbagai macam cara untuk mengatasi jerawat pada wajah dengan menggunakan bawang putih diantara yaitu yang pertama, anda cuci bersih muka anda kemudian iris bawang putih kemudian gosok-gosokan pada wajah anda lalu diamkan sesaat selama beberapa menit, kemudian bersihkan dengan air bersih. Yang kedua, haluskan bawang putih kemudian anda bisa langsung mengoleskannya pada wajah anda, diamkan beberapa menit kemudian bersihkan dengan air hangat. cara yang ketiga, anda bisa mencampurkan bawang putih yang halus dengan madu atau cuka atau minyak zaitun atau lidah buaya atau juga yoghurt dan air kemudian oleskan pada wajah berjerawat anda, diamkan selama beberapa menit sampai kering lalu bersihkan dengan air hangat kemudian bilas kembali dengan air dingin yang bersih. Tetapi pastikan sebelum menggunakan masker bawang putih tersebut, bersihkan wajah anda terlebih dahulu dengan air hangat atau air biasa yang bersih.

Masih banyak cara dalam penggunaan bawang putih untuk jerawat ini, misalnya yang lain anda bisa meminum bawang putih dengan apel yang sudah dijus atau menggunakan rebusan bawang putih atau jikalau anda suka, anda bisa langsung memakannya tetapi cuci sampai bersih terlebih dahulu. Yang perlu anda pastikan adalah jangan terlalu banyak takaran bawang putihnya, gunakan secukupnya dan juga jangan terlalu lama dalam penggunaannya, karena bisa membakar kulit anda. Demikian informasi manfaat bawang putih untuk mengatasi masalah gangguan jerawat pada wajah secara alami yang bisa anda terapkan sendir di rumah.

Related Posts:

0 Response to "MANFAAT BAWANG PUTIH UNTUK MENGATASI JERAWAT PADA WAJAH"

Posting Komentar