MANFAAT MENGKONSUMSI MINYAK ZAITUN UNTUK KESEHATAN

MANFAAT MENGKONSUMSI MINYAK ZAITUN UNTUK KESEHATAN

Minyak zaitun biasanya digunakan sebagai minyak goreng untuk memasak, ada yang menggunakannya untuk campuran salad, dan ada juga yang menggunakannya sebagai tambahan minyak urut. Minyak zaitun dikenal untuk perawatan kulit, tetapi selain untuk kulit, minyak zaitun juga bermanfaat untuk kesehatan. Minyak zaitun yang dipercaya mengandung lemak tak jenuh yang tinggi dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah, tetapi tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, kandungan-kandungan lain yang terdapat pada minyak zaitun mempunyai khasiat untuk pengobatan penyakit lain seperti penyakit jantung, kanker, tekanan darah tinggi, diabetes, asma, mengatasi sembelit dan masih banyak lagi yang lain.

Seperti yang dijelaskan diatas bahwa minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh yang tinggi yang dapat mengurangi kadar kolesterol dan secara tidak langsung anda juga mencegah terjadinya penyakit jantung karena penyakit jantung bisa terjadi karena kadar kolesterol yang berlebih. Oleh karena itu, minyak zaitun baik untuk dikonsumsi penderita jantung karena minyak zaitun juga mempunyai kandungan antioksidan. Zat antioksidan yang tinggi juga dapat mencegah penyakit kanker kadar senyawa hidroksitirosol pada antioksidan dapat membantu menyeimbangkan kadar gula dalam tubuh dan mencegah pertumbuhan sel yang tidak normal sel-sel yang mengalami kerusakan yang dapat memicu terjadinya penyakit kanker. Kandungan nutrisi yang terdapat pada minyak zaitun dapat meminimalisir resiko penyumbatan dan penebalan pada pembuluh darah.  Minyak zaitun juga memiliki kandungan zar prostaglandin yang mana dapat menghilangkan artritis dan mengatasi rasa nyeri sendi dan tulang yang kropos.

Selain dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, yang mana secara tidak langsung juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, ditambah minyak zaitun memiliki sifat anti inflamasi yang mana dapat mengurangi hipertensi, jadi minyak zaitun dapat menurunkan tekanan darah pada tubuh kita. Minyak zaitun juga dapat membantu menjaga saluran pencernaan dan dapat mengatasi masalah sembelit. Selain itu, minyak zaitun juga berkhasiat untuk menurunkan atau mengurangi kadar gula dalam darah sehingga dapat mencegah dan mengatasi penyakit diabetes, dan juga dapat mengatasi gangguan asma dan segala penyakit kanker seperti kanker payudara, kanker rahim, kanker ovarium dan kanker usus besar. Senyawa oleuropein aglycone pada minyak zaitun dapat menjaga suplai darah ke bagian usus sehingga dapat mengurangi resiko kerusakan pada jaringan usus yang disebabkan karena kurangnya aliran darah pada sel.

Pemakaian minyak zaitun disesuaikan pada penyakit atau untuk apa minyak zaitun akan digunakan. Jika masih awal atau pertama kali anda mengkonsumsinya, cukup konsumsi minyak zaitun sebanyak 1 sdt setiap hari, setelah terbiasa, tambahkan dosisnya menjadi 1 sdm atau 2 sdm setiap hari. Bagi anda penderita penyakit yang berbahaya seperti kanker, diabetes, jantung, konsumsi minyak zaitun sebanyak 1 sdm dan diminum 2x sehari. Akan tetapi meminum minyak zaitun langsung memang rasanya kurang enak dan bagi anda yang tidak suka untuk meneguknya langsung, anda bisa mencampurnya pada masakan. Apabila digunakan secara teratur dan tepat, Anda akan segera merasakan banyak manfaat dan khasiat dari minyak ini. Jika anda menggunakannya sebagai minyak untuk memasak sebagai pengganti minyak sayur, sebaiknya menggunakan api sedang karena minyak zaitun memiliki titik asap yang rendah, dan jika anda memasak dengan api besar senyawa yang terkandung pada minyak zaitun akan menurun bahkan dapat merugikan kesehatan apabila menggunakan minyak zaitun sampai ke titik asapnya yang tinggi.

Manfaat dari mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin dapat menjaga kesehatan anda, menjaga kesehatan tulang dan menghilangkan racun pada makanan yang terserap pada tubuh karena adanya kalsium dan antioksidan di dalam minyak zaitun. Untuk kelancaran sistem metabolisme dalam tubuh dan juga meningkatnya imun sistem pada tubuh atau daya tahan tubuh agar tidak mudah terkena penyakit, konsumsilah minyak zaitun secara rutin dan benar sesuai dosisnya. 

Related Posts:

0 Response to "MANFAAT MENGKONSUMSI MINYAK ZAITUN UNTUK KESEHATAN"

Posting Komentar