TEMUKAN MANFAAT KUNYIT UNTUK KESEHATAN

MANFAAT KUNYIT UNTUK KESEHATAN

Kunyit atau biasa juga disebut dengan kunir merupakan salah satu rempah yang berwarna kuning yang banyak dimanfaatkan orang untuk pelengkap bumbu masak seperti gulai, soto, ayam, nasi kuning, dll dan juga dimanfaatkan untuk herbal tradisional seperti jamu. Biasanya orang yang mempunyai masalah haid tidak lancar dan sakit saat haid atau datang bulan, mereka mengkonsumsi jamu kunir asem yang mana terbuat dari bahan kunyit ini. Kunyit dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah jatuh sakit. Hasil dari olahan rempah kunyit ini bisa juga untuk menyembuhkan penyakit seperti radang sendi. Kunyit ini juga dipercaya dapat menyembuhkan batuk dan luka. kunyit dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit dari mulai penyakit ringan sampai penyakit yang berat.

Kunyit memiliki zat anti inflamasi yang dapat menyembuhkan batuk, menurunkan demam dan mengobati luka dan juga mencegah infeksi pada luka sehingga dapat membunuh bakteri dan luka jadi cepat kering. Selain itu, kunyit juga dapat menyembuhkan alergi kulit seperti eksim, bisul dan gatal-gatal yang lain. Kunyit juga dapat menyembuhkan peradangan pada selaput hidung, penyakit asma atau sesak nafas, penyakit maagh, perut mual, kembung, diare, sembelit, keputihan, cacar air, sakit gigi berlubang, penambah darah dan membersihkan darah, sariawan, amandel, menambah nafsu makan,dan menurunkan berat badan. kandungan kurkumin dapat mencegah dan menghilangkan lemak berlebih yang berbahaya pada tubuh. Kelebihan berat badan termasuk salah satu penyebab terjadinya penyakit diabetes. Dengan mengkonsumsi kunyit yang terdapat kandungan kurkumin ini dapat mengendalikan berat badan dan mencegah penyakit diabetes.

Selain itu, kunyit juga dapat membantu menurunkan trigliserida dalam tubuh dan menurunkan kadar kolesterol juga mencegah penumpukan kolesterol jahat pada pembuluh darah. Oleh karena itu curcumin dapat menghentikan penumpukan plak yang bisa menutupi arteri yang mana dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke, dengan kata lain, kunyit dapat mengurangi resiko terjadinya serangan jantung dan stroke. Kandungan antioksidan yang terdapat pada kunyit dapat membantu melindungi sel-sel usus besar dari radikal bebas yang dapat merusak DNA. DNA pada sel usus bisa menyebabkan terjadinya pembentukan sel-sel kanker jauh lebih cepat. Dengan mengkonsumsi kunyit ini juga dapat membantu tubuh untuk menghancurkan sel-sel kanker, oleh karena itu, sel-sel kanker tidak dapat menyebar ke seluruh tubuh yang bisa membuat kerusakan yang lebih parah lagi. Kandungan kurkumin pada kunyit juga dipercaya dapat mengatasi radang persendian dan mengurangi pembengkakak sendi.

Berikut adalah cara membuat ramuan dari kunyit untuk mengobati penyakit-penyakit. Untuk mengobati demam dan juga maagh, kupas kulit kunyit kemudian cuci dan parut lalu tambahkan air matang kemudian diperas dan airnya diminum 2x sehari. Untuk mengobati diare dengan cara kunyit diiris dan direbus dengan air dan tambahkan air kapur sirih dan aduk rata, setelah dingin saring airnya dan diminum 3x sehari sampai diare nya sembuh. Untuk mengobati keputihan yaitu kupas kunyit,cuci bersih dan parut lalu beri air asam dan gula jawa aduk rata kemudian peras dan minum setiap hari. Cara untuk mengobati batuk yaitu parut kunyit dan jahe beri tambahan gula batu dan air perasan jeruk nipis, lalu di seduh dengan air panas dan diminum 2x sehari. Nah ini juga penting, untuk menyembuhkan diabetes, ambil seibu jari kunyit dan cuci kemudian diiris-iris lalu tambahkan ½ sdt garam lalu rebus dengan air 1L, setelah mendidih disaring dan diminum ½ gelas setiap hari. Cara lain untuk menyembuhkan penyakit dengan bahan kunyit adalah blender atau parut kunyit dan tambahkan madu, air perasan jeruk nipis dan air secukupnya kemudian minum secara teratur.

Masih banyak lagi manfaat kunyit untuk kesehatan dan cara membuat ramuannya. Konsumsi kunyit secukupnya, jangan terlalu berlebihan karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Mengkonsumsi kunyit yang berlebihan juga mempunyai efek samping seperti menyebabkan terjadinya gangguan lambung, menimbulkan rangsangan rahim. Jadi kunyit tidak baik dikonsumsi ibu hamil dan menyusui secara berlebihan, dan juga tidak bagus untuk penderita penyakit yang sedang menjalani kemoterapi. 

Related Posts:

0 Response to "TEMUKAN MANFAAT KUNYIT UNTUK KESEHATAN"

Posting Komentar