YUK KENALI MANFAAT BERAS MERAH UNTUK DIET DAN DIABETES

MANFAAT BERAS MERAH UNTUK  DIET DAN DIABETES

Mengkonsumsi beras merah sangat sebenranya bagus untuk kesehatan, tetapi nyatanya belum banyak orang yang mau mengkonsumsi beras merah, bisa jadi karena belum tahu bahwa mengkonsumsi beras merah lebih sehat daripada beras putih, atau mungkin karena tidak suka dengan rasanya, atau mungkin juga karena harga nya lebih mahal daripada beras putih. Sebagimana sudah diketahui bahwa beras merah bukan saja lebih baik daripada beras putih tetapi beras merah juga memiliki kandungan yang membuatnya memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk dikonsumsi. Beras merah unggul akan kandungan seratnya dan juga vitamin dan mineralnya yang lebih tinggi daripada beras putih seperti karbohidrat, vitamin B, magnesium, kalium, kalsium, dan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh. Beras merah seringkali dikonsumsi sebagai menu diet untuk menurunkan berat badan dan bagi penderita penyakit diabetes dan kolesterol.

Beras merah mengandung kalori yang rendah yang mana sangat efektif untuk membantu mencegah perut buncit atau kelebihan kalori. Kandungan karbohidrat kompleks yang terdapat pada beras merah mampu menyuplai energi berkala pada tubuh menjadikani perut tidak cepat terasa lapar. Oleh karena itu, banyak yang percaya kalau beras merah ini dapat menurunkan berat badan dan dijadikan sebagai menu program diet. Apabila menjalani program diet dan ingin menghasilkan bentuk tubuh yang indah maka anda bisa mengkonsumsi beras merah dengan buah apel. Biasanya orang yang menjalani program diet agak acuh tidak memikirkan pencernaan, lambung dan kesehatan tubuhnya. Tetapi dengan mengkonsumsi beras merah yang tinggi akan serat dapat menyehatkan pencernaan dan baik untuk usus dan melancarkan metabolism tubuh.

Kandungan glikemiks yang rendah yang terdapat pada beras merah sangat baik dikonsumsi bagi yang sedang menjalani program diet karena mampu mengendalikan penyerapan kalori pada tubuh. Untuk yang sedang menjalani diet tetap penting mengkonsumsi makanan berkabohidrat tetapi harus bisa memilih yang memiliki kandungan serat tinggi juga seperti misalnya beras merah. Beras merah juga baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes, justru malah lebih baik mengkonsumsi beras merah daripada beras putih karena kandungan seratnya dapat memperlambat masuknya glukosa ke dalam darah dan glikemiks yang lebih rendah daripada beras putih. Jika penderita diabetes mengkonsumsi 5 porsi nasi putih dalam seminggu akan menimbulkan peningkatan resiko diabetes dan jika mengkonsumsi beras merah 2 porsi atau lebih dalam seminggu, itu akan menurunkan resiko diabetes. 

Jika kita telalu banyak mengkonsumsi makanan yang berkalori dan protein tinggi tetapi tidak diimbangi dengan olah raga atau menggerakan badan maka akan menyebabkan terjadinya penumpukan lemak dan sari makanan pada tubuh dan itu akan menimbulkan kalori berlebih dalam tubuh sehingga tidak baik untuk kesehatan seperti badan jadi gemuk dan bahkan sakit gula atau diabetes karena terlalu banyak zat gula di dalam darah. Beras merah juga mengandung vitamin, mineral dan antioksidan yang dapat membantu mencegah penyakit diabetes. Untuk penderita diabetes sebaiknya beralih mengkonsumsi beras merah untuk makanan sehari-hari karena beras merah dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah dan mencegah komplikasi pada jangka panjang yang disebabkan oleh diabetes.

Jika alasan orang tidak suka mengkonsumsi beras merah karena tidak suka dengan rasanya yang kurang enak dibanding dengan beras putih, maka disini ada cara untuk memasak beras merah biar enak yaitu pertama rendam beras merah selama 30 menit biar empuk kemudian cuci beras merah tersebut tetapi sebaiknya dalam mencuci beras merah cukup lakukan 1x saja supaya vitaminnya tidak hilang, kemudian masak beras merah dengan ditanak agar rasanya lebih pulen dan enak dan air yang digunakan untuk menanak sebaiknya lebih banyak dibandingkan jika anda menanak beras putih. Jika anda tetep tidak suka maka anda bisa mencampurkan beras merah dengan beras putih, setelah terbiasa anda bisa mengurangi beras putihnya dan setelah suka anda bisa mengkonsumsi beras merahnya saja tanpa dicampur beras putih. Penderita diabetes harus menjaga dan mengontrol berat badan karena dengan menurunkan berat badan juga akan menurunkan kadar gula dalam darah. Oleh karena itu, beras merah ini cocok untuk orang yang diet dan penderita diabetes.
                

Related Posts:

0 Response to "YUK KENALI MANFAAT BERAS MERAH UNTUK DIET DAN DIABETES"

Posting Komentar