MANFAAT BAWANG PUTIH TUNGGAL

MANFAAT BAWANG PUTIH TUNGGAL

Bawang putih tunggal sering juga disebut dengan bawang putih lanang. Bawang putih tunggal sangat bermanfaat untuk kecantikan dan juga untuk kesehatan dan dikenal ampuh dalam mengobati segala macam jenis penyakit. Selain itu, bawang putih tunggal ini juga dapat membantu pertumbuhan bayi lebih cepat, menambah sistem imun dan menghindari masalah persalinan akibat komplikasi pada ibu hamil. Contoh manfaat bawang putih untuk kecantikan adalah bawang putih dapat menghilangkan jerawat dan komedo, dapat menghaluskan kulit, mencegah penuaan dini, pengontrol berat badan, menyembuhkan luka dan mengobati gatal pada kulit. Sedangkan manfaat untuk kesehatan misalnya mengobati penyakit flu dan batuk, mengurangi sakit tenggorokan dan sakit gigi, diabetes, kolesterol, jantung, kanker, menyembuhkan wasir, meningkatkan stamina, menurunkan tekanan darah tinggi, mengobati infeksi luka dan mengatasi bakteri, dan juga baik untuk kesehatan tulang dan daya ingat.

Senyawa allicin yang terdapat pada bawang putih mampu mematikan bakteri dan mengobati bekas jerawat, penyakit kulit dan alergi hanya dengan cara yang sangat mudah yaitu kupas kulit bawang putih kemudian menggosokannya ke wajah yang berjerawat kemudian bilas dengan air bersih. Zat allicin juga dapat menghaluskan kulit dan menghilangkan stretch marks dengan memanfaatkan bawang putih sebagai masker dan menghilangkan komedo dengan scrub bawang putih untuk wajah. Bawang putih mengandung antioksidan yang mana dapat menghambat penuaan dini dengan cara mengkonsumsi acar bawang putih yaitu dengan menambahkan air, garam, gula, bawang putih dan cuka. Bawang putih memiliki sifat anti jamur yang dapat menghilangkan rasa gatal pada kaki atau tangan dengan cara mencampurkan bawang putih yang sudah dicincang ke dalam air hangat kemudian masukan dan rendam kaki pada bak tersebut, juga dapat menyebuhkan luka dengan cara menempelkan bawang putih ke luka kemudian tutup dengan perban.

Kandungan sulfur yang terdapat pada bawang putih membantu melegakan hidung yang tersumbat dan mengeluarkan lendir dengan cara haluskan bawang putih dan campur dengan susu kemudian rebus sebentar dan minum selagi hangat. Bawang putih juga bagus untuk penderita diabetes karena bawang putih dapat mengontrol kadar gula dalam darah caranya anda dapat mengkonsumsi bawang putih dengan dibuat acar bawang putih atau bisa juga meminum bawang putih yang sudah diparut dan diseduh dengan air panas. Dengan mengkonsumsi bawang putih, anda dapat mengontrol dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kandungan sulfida dan antioksidan yang terdapat pada bawang putih dapat menangkal radikal bebas, mencegah kanker, dan mencegah tumbuhnya sel-sel kanker pada tubuh, oleh karena itu bagi penderita kanker daripada menjalani kemoterapi lebih baik mengkonsumsi bawang putih untuk memulihkan kesehatan anda dengan cara mengunyah bawang putih tunggal tersebut jika anda suka atau bisa juga anda buat acar.

Bawang putih juga bermanfaat untuk mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggi yang mana dapat menimbulkan serangan jantung dan stroke. Tetapi bawang putih tunggal dapat mengatasi itu semua karena bawang putih dapat mengecilkan sumbatan pada arteri jantung sehingga dapat meminimalisirkan terjadinya gangguan serangan jantung. Oleh karena itu jika anda mempunyai kolesterol yang tinggi, darah tinggi dan jantung, sebaiknya anda mengkonsumsi bawang putih secara teratur. Selain itu bawang putih juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat bagus untuk kesehatan tulang seng, vitamin C dan B6, mangan, kalsium, enzim dan antioksidan yang mana dapat membantu dalam pembentukan tulang, metabolism tulang penyerapan kalsium dan membangun kekuatan tulang dan kandungan kalsium nya dapat mencegah penyakit osteoporosis dan kelainan pada pertumbuhan tulang.

Itulah beberapa manfaat dari bawang putih tunggal untuk kecantikan dan kesehatan, sebenarnya masih ada lagi manfaat yang lain. Begitu banyak manfaat bawang putih yang mungkin belum banyak orang mengetahuinya. Sekali lagi yang perlu anda ingat adalah anda dapat mengkonsumsi bawang putih tunggal ini secara teratur tetapi jangan terlalu berlebihan juga dalam mengkonsumsinya. Semua nya ada dosisnya dan segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Walaupun mengkonsumsi sedikit tetapi asal teratur anda juga akan mendapat khasiatnya. 

Related Posts:

0 Response to "MANFAAT BAWANG PUTIH TUNGGAL"

Posting Komentar